Blog yang merangkum informasi seputar dunia fashion pria dan wanita dari berbagai sumber yang ada, meliputi kategori fashion atasan (baju, kemeja, pakaian, batik, kaos), bawahan (celana, rok), sepatu, sandal, accesories dll), sejarah, tips perawatan pakaian, dan lainnya yang masih berhubungan dengan fashion.

Friday, July 15, 2016

5 Tips Aman Memakai High Heels

Gambar: blog.doctoroz.com
 
Siapa yang tahan melihat sepatu-sepatu Model sekarang? Entah yang Model peep-toe, wedges yang kembali populer, atau sling back yang seksi. Semuanya memakai hak tinggi, begitu cantik dan anggun! Saking gemasnya dengan sepatu-sepatu itu, dan agar terlihat lebih tinggi dan seksi, Anda pun memakainya ke kantor setiap hari. Anda baru tersadar bahwa kaki Anda mengalami kelelahan setelah kaki Anda kram pada sore hari.

Gambar: fb.com/GrassWmn

Pemakaian high heels secara terus menerus pun bisa menyebabkan gangguan tulang pada wanita. Hal itu telah terungkap dalam sebuah studi yang dilakukan oleh para pakar dari College of Podiatry, New York, Amerika Serikat.


Penelitian yang melibatkan 2.000 responden dan 60 ahli bedah kaki itu menunjukkan bahwa menggunakan sepatu hak tinggi dapat merusak jaringan lunak dan permukaan sendi menjadi aus. Kerusakan jangka panjang, akan menyebabkan radang sendi, pergeseran sendi dan syaraf terjepit.

Lalu apa setiap wanita harus menanggalkan semua koleksi high heels-nya? Jangan tergesa-gesa mengambil kesimpulan tersebut. Karena ada sejumlah tips aman untuk memakai sepatu berhak tinggi (high heels) yang bisa dilakukan. Berikut tipsnya:

1. Peregangan
Kelenturan pada sendi pergelangan kaki, dan pinggul penting agar Anda dapat mengenakan high heels dengan nyaman. Regangkan betis, pinggul, dan kaki Anda sebelum dan setelah mengenakan sepatu berhak tinggi. Penyakit punggung dan kaki dapat dihindari dengan melemaskan otot-otot yang kaku, dan meluruskan kembali tubuh setelah berjam-jam memakai stiletto.

2. Kuatkan Kaki.
Kaki adalah fondasi untuk berdiri dan menopang tubuh, jadi jika Anda ingin penopang tubuh ini kuat, jangan lupa melatih jari-jemari kaki. Caranya? Cobalah untuk mengambil batu kecil atau meremas handuk dengan jari kaki, dan putar-putar pergelangan kaki Anda.

3. Postur Sempurna.
Pastikan tubuh Anda sejajar ketika mengenakan sepatu berhak tinggi, karena hal ini akan mencegah keluhan akan sakit pada punggung bagian bawah, sakit pada lutut, dan sakit pada kaki. Postur tubuh yang lurus dari kepala hingga kaki tidak hanya membantu Anda merasa nyaman, tetapi juga terlihat indah. Ketika berdiri di atas hak yang tinggi, ingatlah untuk menjaga kepala dan dagu tetap tegak, bahu tertarik ke belakang dan ke bawah, bagian perut juga lurus sampai lutut.


4. Penopang Tubuh.
Cara Anda berjalan dengan hak tinggi sebenarnya memainkan peran yang cukup besar dalam timbulnya rasa sakit pada kaki, dan risiko cidera. Dengan menarik perut dan mengangkatnya sehingga Anda merasa ringan pada kaki, Anda akan mendapatkan penopang tubuh yang sempurna. Saat melangkah, cobalah untuk membuat hak sepatu berada segaris dengan ibu jari kaki yang satunya, dan hindari berjalan dengan pinggul membungkuk seperti bebek.

5. Pakai Sepatu Bergantian
Memakai high heels setiap hari tidak disarankan karena bisa menyebabkan otot pada betis menjadi pendek dan tegang. Oleh sebab itu high heels tidak disarankan untuk dikenakan setiap hari sepanjang waktu. Namun bukan berarti memakai flat juga aman sepenuhnya. Sammy juga tidak menyarankan untuk memakai sepatu datar terus menerus selama seminggu penuh karena juga berpotensi merusak struktur kaki.

"Memakai flat shoes sepanjang waktu membuat kaki terbiasa pada posisi yang sama," ujar Sammy. Hal itu menyebabkan telapak kaki bisa menjadi datar dan kurang bagus juga untuk postur tubuh secara keseluruhan.

Ada baiknya Anda berganti-ganti sepatu dalam seminggu. Satu hari memakai high heels, esok harinya sepatu dengan tinggi hak medium, lusa wedges dan hari lainnya flat shoes. Cara ini akan membuat kaki beradaptasi dengan berbagai medan ketika berpijak sehingga risiko cedera lebih minimum.

Nah itulah beberapa tips aman dalam menggunakan high heels, agar penampilan Anda tetap terlihat sempurna. Baca juga artikel menarik mengenai Tips Memilih Sepatu Wanita Sesuai Bentuk Tubuh dan Kaki
Share:

0 comments:

Post a Comment

GET IN TOUCH

Powered by Blogger.

Translate

Pages

Theme Support